GAPURA DIFESTIVALKAN

Spread the love

Terbuka kesempatan bagi seluruh masyarakat Sumsel, termasuk Kota Pagaralam, – untuk menunjukkan kreasi terbaik mereka. Ramaikan. Sukseskan!

BeriPa.Com// Dalam rangka merayakan peringatan Hari Kmerdekaan RI ke-74 tahun 2019 ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, – di bawah Gubernur H Herman Deru SH MM, – mengadakan festival (lomba) pembuatan gapura. Gapura yang difestivalkan (dinilai) adalah yang dibuat di tingkat Kelurahan/Desa di seluruh Sumatera Selatan. Terhadap pemenangnya akan disediakan penghargaan berupa piala dan hadiah.

Diketahui, pada setiap merayakan HUT RI, masyarakat Indonesia memiliki tradisi membuat gapura. Gapura yang umumnya bertemakan patriotisme ini merupakan inisiatif warga di tingkat RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan. Untuk mengapresiasi tradisi yang baik ini, Gubernur Herman Deru menyediakan piala khusus, agar tradisi ini dapat tetap lestari dengan kreasi yang lebih baik lagi. Festival gapura diselenggarakan karena selain memiliki unsur keindahan, – juga merupakan manifestasi dari kekompakan dan kebersamaan warga dalam berkarya.

Idola baru. Dengan gagasan-gagasannya yang brilian, Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM, sudah menjadi idola baru bagi masyarakat Sumsel, termasuk di Kota Pagaralam.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel, Achmad Rizwan, pihaknya telah menyusun jadwal, – waktu pengiriman foto Gapura (termasuk foto-foto proses pembuatannya) adalah tanggal 29 Juli s.d 17 Agustus 2019. Penjurian (penilaian) akan dilakukan tanggal 18 Agustus s.d 29 Agustus 2019. Pengumuman pemenang Zona 1 dan Zona 2 akan disiarkan pada tanggal 29 Agustus 2019, sementara pengumuman pemenang (juara) dilakukan tanggal 30 Agustus 2019.

“Mekanisme lomba mencakup lokasi, yaitu berada di wilayah Sumatera Selatan,” terang Achmad Rizwan. “Peserta meliputi tingkat RT, RW, Kelurahan, Ormas, komunitas, atau dinas/instansi. Peserta lomba (festival) wajib menyertakan Logo HUT RI ke-74,  Logo Pemprov Sumsel, dan TagLine “Sumsel Maju Untuk Semua (unduh website www.festivalgapura.sumselprov.go.id dan www.sumselprov.go.id).

Rizwan menambahkan, Gapura wajib memuat unsur “keIndonesiaan”, antara lain Bendera Merah Putih, Lambang Garuda, unsur/motif kedaerahan setempat dan tidak mengandung SARA, pornografi, politik dan kepentingan ormas. //Soe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *