AIR TERJUN LEMATANG AMAZING, TAPI….

Spread the love

Dari Summer Camp Mahasiswa University Teknologi Malaysia ke Kampus STIE – AMIK – STMIK Lembah Dempo  

AIR TERJUN LEMATANG AMAZING, TAPI….

BeriPa.Com// Mahasiswa dan dosen dari University Teknologi Malaysia (UTM), – yang melakukan Summer Camp (pertukaran mahasiswa) ke Kampus STIE-AMIK-STMIK Lembah Dempo, Kota Pagaralam, – hari ini, Kamis (25/07/2019) berkunjung ke tiga destinasi unggulan di Kota Pagaralam. Di antaranya Perkebunan Teh & Pabrik Pengolahan PTPN VII, sentra produksi UKM Putra Abadi di Dusun Bandar, dan obyek wisata Air Terjun (cughup) Lematang Indah.

Sebagaimana kunjungan sebelumnya, para mahasiswa dan dosen University Teknologi Malaysia (UTM), diberi kesempatan untuk menyaksikan secara langsung obyek kunjungan dengan berbekal SWOT: Strengths (Kekuatan) , Weaknesses (Kelemahan), Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats), sebagaimana yang dipaparkan dalam Kuliah Umum oleh Yadi Maryadi SE MSi.

Di perkebunan teh dan pabrik pengolahan PTPN VII para mahasiswa berkesampatan menyaksikan kondisi pabrik, yang peralatan dan mesin-mesinnya yang kebanyakan masih asli peninggalan zaman Belanda. Mereka juga diajak menyaksikan secara langsung bagaimana daun teh diolah, – sejak dipetik hingga dikemas untuk diekspor ke luar negeri seperti Jepang, dan lain sebagainya.

Di pusat pengolahan kopi dan jajanan ringan usaha UKM Putra Abadi, para mahasiswa diterima Ny Weni Bastian Matheus, petani, peracik jajanan khas Pagaralam, yang ternyata juga berbakat menjadi barsta (penyeduh kopi) sehingga para mahasiswa tampak antusias menyaksikan bagaimana butiran biji kopi dioalah dan dihidangkan menjadi minuman yang yang lezat dan berkhasiat.

Di lokasi obyek wisata Air Terjun Lematang, para mahasiswa tampak tidak dapat menyembunyikan ekspresi kegembiraan dan kekaguman mereka menyaksikan jernihnya air sungai Lematang dengan air terjunnya yang dahsyat. Meski debit air sungai pada saat itu terbilang tinggi dan deras, mereka tak dapat menahan diri untuk masuk sungai dan merasakan betapa dingin dan segarnya air sungai lematang.

“Luar biasa, amazing,” kata Mohd Murtadha bin Mohamad, ketua rombongan mahasiswa UTM. “Di Malaysia, saya belum pernah menyaksikan air terjun setinggi ini dengan airnya yang masih bersih alami,” tambahnya.

“Tapi sayang, obyek wisata seindah ini tampaknya tidak dikelola dengan baik. Kotor, banyak sampah, dan tidak dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang seperti ruang ganti, kamar mandi, dan spot untuk pengunjung bersantai. Di sini juga tidak ada pos penjagaan dan counter pembelian tiket masuk, sehingga terkesan liar. Apakah lokasi air terjun ini baru ditemukan dan belum dikelola oleh pemerintah setempat?” tanya Mohd Murtadha yang jabatannya adalah Deputy Director Application Development & Managemen.

Session acara Summer Camp (pertukaran mahasiswa) ke Kampus STIE-AMIK-STMIK Lembah Dempo, diakhiri dengan acara perpisahan. Acara diselenggarakan di Glamping (Glamour Camping) De Cabin, di kawasan Gunung Gare. Di sini para mahasiswa dan dosen tampak larut dalam klimaks kegembiraan mereka, karena mendapat suguhan barbique, menyanyi bersama, dan – beberapa mahasiswa/mahasiswi  tampak saling berpelukan, menangis, karena bersedih mengingat keesokan harinya mereka harus kembali ke Palembang dan melakukan perjalanan pulang ke Johor Bahru (Malaysia).

Summer Camp (pertukaran mahasiswa) ke Kampus STIE-AMIK-STMIK Lembah Dempo, merupakan kegiatan yang baik. Baik untuk promosi Kota Pagaralam sendiri, juga baik sebagai masukan untuk masyarakat dan Pemerintah Kota Pagaralam mengetahui Kekuatan , Kelemahan, Peluang dan Ancaman, atas apa-apa yang kita miliki, terutama sektor pariwisata yang menjadi fokus perhatian para calon intelektual tersebut. // Herna S Zaldi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *